- Perwujudan rasa syukur sebagai perbandingan dengan kondisi pendidikan zaman penjajahan Jepang dulu adalah:
- Dapat makan minum sebebasnya
- Mengibarkan bendera merah putih dengan bebas
- Tidak ada jam malam, jalan malam sesuka hati
- Bisa belajar dan bersekolah serta dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi
- Belajar giat, mengisi waktu yang membawa manfaat
- Setelah berhasil melakukan pengeboman Pearl Harbour tahun 1941, gerakan Jepang menuju Asia, termasuk ke Indonesia tidak bisa terbendung. Pada bulan dan tahun berapakah Jepang mendarat di Indonesia ?
- Januari 1942 D. Juli 1945
- Maret 1942 E. Agustus 1943
- Januari 1941
- Tuhan Yang Maha Esa menguji kesabaran dan daya juang bangsa Indonesia. Setelah ratusan tahun dijajah bangsa Barat kemudian datang bangsa satu rumpun Asia, tetapi juga berperilaku sebagai penjajah. Sungguh kita patut bersyukur karena bangsa ini lulus diuji kesabarannya dengan tetap ulet berjuang untuk meraih cita-cita kemerdekaan. Hikmah dibalik kondisi itu semua adalah:
- Biasa saja, itu semua masa lalu, tidak perlu dipikirkan
- Tetap semangat, pantang menyerah dan menghalalkan segala cara
- Berusaha menjadi manusia yang fungsional dalam berperilaku
- Senang mencari kesalahan orang lain
- Bersemangat dalam mencari keuntungan pribadi dan kelompok
- Jepang berhasil menguasai Kepulauan Indonesia dengan cepat dan merata. Kemudian Jepang memusatkan perhatiannya untuk menguasai tanah…………….sebagai pusat pemerintahan Hindia Belanda.
- Balikpapan D. Sumatera
- Tarakan E. Maluku
- Jawa
- Teks proklamasi dalam penelitian sejarah dapat diklasifikasikan ke dalam ……..
- hikayat d. sumber lisan
- prasasti e. sumber tertulis
- piagam
- Masuk dan kedatangan tentara Jepang disambut baik oleh rakyat Indonesia karena dipandang sebagai kekuatan pembebas. Jepang menegaskan bahwa Jepang tidak lain adalah “……………………..”, jadi Jepang dan Indonesia sama.
- Saudara tua D. Bendera Jepang-Indonesia dikibarkan bersama
- Propaganda E. Pan-Asia
- banzai-banzai
- Haryono masuk menjadi anggota TNI karena ingin seperti idolanya Jenderal A.H. Nasution. Pernyataan tersebut merupakan kegunaan sejarah sebagai….
- Inspiratif d. instruktif
- Rekreatif e. konstruktif
- Edukatif
- Jepang kemudian membentuk pemerintahan militer yang diperkuat dengan pemerintahan sipil. Tujuannya adalah:
- Untuk memperlancar distribusi perlengkapan
- Untuk Meminimalkan kemungkinan perlawanan
- Untuk mendukung kelancaran pemerintahan pendudukan Jepang
- Untuk semakin membodohi rakyat
- Untuk memutarbalikan fakta
- Oleh angkatan udara Jepang pada 8 Desember 1941, melakukan serangan besar, pengeboman dan Jepang berturut-turut mendapatkan kemenangan. Peristiwa apa yang dimaksud pada tanggal tersebut ?
- Serangan Jepang ke kota Balikpapan
- Pengeboman Jepang di Tarakan
- Pengeboman Pearl Harbour
- Serangan terhadap Indonesia dari utara sampai timur
- Pendudukan Jepang di Banten
- Organisasi pergerakan di zaman pendudukan Jepang berdiri karena prakarsa Jepang. Bandingkan dengan masa pendudukan Belanda, yakni….
- Belanda lebih banyak menyokong organisasi pergerakan rakyat
- Belanda banyak mengeluarkan biaya untuk mendanai organisasi kemasyarakatan
- Belanda lebih cenderung mengekang pergerakan rakyat dalam bentuk apapun.
- Jepang sebagai bagian dari propagandanya dalam mengambil hati rakyat
- Belanda menginginkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang cerdas.
- Apakah tujuan utama serangan Jepang terhadap Indonesia.
- Untuk mendapatkan cadangan logistik dan bahan industri perang
- Menguasai perdagangan rempah-rempah
- Menguasai perdagangan candu
- Untuk mendapatkan simpati rakyat Indonesia
- Membebaskan Indonesia dari penjajahan Belanda
- Ada organisasi yang kooperatif, tetapi ada gerakan bawah tanah. Ini kondisi yang terjadi pada masa pendudukan……..
- Belanda C. Portugis E. Inggris
- Sekutu D. Jepang
- Pada Januari 1942, Jepang mendarat di Indonesia melalui………… dan seluruh……….. .
- Balikpapan dan Ambon d. Banten dan Jawa
- Ambon dan Maluku e. Padang dan Sumatera
- Tarakan dan Kalimantan
- Kemenangan tentara Jepang dalam Perang Pasifik menunjukkan kemampuan Jepang dalam mengontrol wilayah yang sangat luas, yaitu dari Burma sampai Pulau Wake. Setelah daerah-daerah di luar Jawa dikuasai, Jepang memusatkan perhatiannya untuk menguasai tanah Jawa, mengapa ?
- Sebagai pusat pemerintahan Hindia Belanda
- Memiliki cadangan minyak dan bahan tambang yang banyak
- Sebagai pusat pendidikan dan kebudayaan
- Memiliki kantor-kantor pemerintahan Hindia Belanda
- Banyak orang Belanda
- Tanggal 5 Maret 1942 Batavia jatuh ke tangan Jepang. Tentara Jepang terus bergerak ke selatan dan menguasai kota Buitenzorg, sekarang kota tersebut dikenal dengan nama….
- Banten d. Jakarta
- Batavia e. Semarang
- Bogor
- Kedatangan Jepang ke Indonesia yang begitu cepat dan merata di berbagai daerah di Indonesia.
Sepertinya tentara Jepang itu sudah paham tentang Indonesia. Coba berikan penjelasan kira-kira apa yang sudah diperbuat Jepang sebelum tentara Jepang itu datang di Indonesia.
- Jepang adalah negara industri
- Jepang sudah mengirim para spionase untuk datang ke Indonesia pada tahun-tahun
sebelumnya. - Jepang dan Indonesia adalah satu rumpun, menurut keterangan antropolog.
- Jepang adalah penganut Shintoisme, khususnya tentang Hakko ichiu, yakni ajaran tentang kesatuan keluarga umat manusia.
- Jepang sebagai negara maju bertanggung jawab untuk membentuk kesatuan keluarga umat manusia dengan memajukan dan mempersatukan bangsa-bangsa di dunia, termasuk Indonesia.
- Pemerintah Jepang di Indonesia kemudian membentuk pemerintahan militer. Di seluruh Kepulauan Indonesia bekas Hindia Belanda itu wilayahnya dibagi menjadi ……. wilayah pemerintahan militer.
- dua d. tiga
- empat e. satu
- lima
- Dalam Undang-Undang Osamu Seirei, Jabatan Gubernur Jenderal pada masa Hindia Belanda dihapuskan dan segala kekuasaan yang dahulu dipegangnya diambil alih oleh…..
- Kaisar Jepang d. Kaisar Hirohito
- Panglima Armada Selatan Kedua e. Perdana Menteri Jepang
- Panglima tentara Jepang di Jawa
- Mengapa Jepang membentuk pemerintahan militer di kawasan: Sumatera, Jawa-Madura, dan kawasan Indonesia Timur?
- Terkait dengan perbedaan kepentingan Jepang terhadap tiap-tiap daerah di Indonesia, baik dari segi militer maupun politik ekonomi.
- Terkait dengan perbedaan kepentingan Jepang terhadap tiap daerah di Indonesia, baik dari segi sosial maupun budaya
- Terkait dengan kepentingan Jepang terhadap tiap daerah di Indonesia, baik segi militer maupun sosial budaya
- Terkait dengan kepentingan Jepang terhadap tiap daerah di Indonesia, baik segi ekonomi maupun kebudayaan
- Terkait dengan perbedaan kepentingan Jepang terhadap tiap-tiap daerah di Indonesia, yaitu dari segi militer.
- Ada satu perkembangan yang berbeda apabila kita memahami perkembangan organisasi pergerakan di zaman kolonial Belanda, pada zaman kolonial Belanda sifat pergerakan organisasinya adalah….
- Organisasi pergerakan yang muncul dan berkembang diprakarsai oleh para pejuang rakyat Indonesia
- Organisasi pergerakan yang muncul dan berkembang diprakarsai oleh Belanda dan para pejuang rakyat Indonesia
- Organisasi pergerakan yang muncul dan berkembang diprakarsai oleh Jepang dan para pejuang rakyat Indonesia
- Organisasi pergerakan yang muncul dan berkembang diprakarsai oleh para wanita Indonesia
- Organisasi pergerakan yang muncul dan berkembang diprakarsai oleh para tentara rakyat Indonesia
- Organisasi yang bersifat sosial kemasyarakatan misalnya Gerakan Tiga A, Putera, dan…..
- Jawa Hokokai. C. Seinendan E. Heiho
- PETA D. Keibodan
- Organisasi Seinendan, Keibodan, Barisan Pelopor, Heiho, dan Peta adalah organisasi yang….
- bersifat militer D. bersifat semimiliter
- bersifat militer dan semimiliter E. bersifat kemasyarakatan
- bersifat sosial kemasyarakatan
- Jepang telah melakukan kebijakan-kebijakan yang merugikan rakyat Indonesia. Salah satunya kebijakan……………………………….., produk ekonomi yang semua diperuntukkan pemenangan Perang Asia Timur Raya.
- kerja paksa D. Ekonomi kerakyatan
- organisasi perang E. Ekonomi Perang
- ekonomi propaganda
- Pengendalian pendidikan dan kebudayaan yang berdampak pada kemunduran bidang ekonomi, rakyat menjadi bodoh dan banyak buta huruf. Bidang seni dan budaya juga diawasi, ini terjadi karena pemerintah Jepang ….
- lebih beroreantasi pada kemiliteran untuk kepentingan pertahanan Indonesia.
- berkeinginan mengembangkan seni dan budaya Jepang di Indonesia
- ingin memakmurkan rakyat Indonesia beserta memperkuat pertahanan
- lebih mementingkan bidang ekonomi dari pada bidang pendidikan
- ingin bangsa Indonesia menjadi bangsa yang tahan banting, tangguh dalam menghadapi tantangan.
- 1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya.
2. (menurut) dasar kemanusian yang adil dan beradab.
3. Persatuan Indonesia
4. (dan) kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah dalam permusyawaratan/ perwakilan
5. (serta dengan mewujudkan suatu ) keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Rumusan diatas menggambarkan maksud dan tujuan Indonesia Merdeka, yang dikenal dengan nama……
- Pancasila D. Asas NKRI
- Piagam Jakarta E. Panca Dharma
- Dasar Negara
- Kedatangan Jepang yang dianggap sebagai Saudara Tua pada mulanya disambut dengan penuh harapan. Namun, perlakuan yang kejam terhadap rakyat Indonesia menimbulkan kebencian rakyat Indonesia pada Jepang. Konteks yang dapat diambil dari pernyataan (untuk individu) diatas adalah…….
- Penjajahan dalam bentuk apapun, tidak ada baiknya
- Kemerdekaan adalah hak setiap bangsa
- Setiap bangsa berhak menentukan nasib dan mandiri dalam mengatur pemerintahan
- Metode penjajah Jepang dalam mengambil hati rakyat.
- Pelajaran yang dapat diambil, bahwa jangan menilai dari penampilan luar seseorang tetapi juga memperhati isi dari ketulusan seseorang.
- Sedangkan pada zaman Jepang, banyak organisasi atau perkumpulan yang berdiri atas…….
- prakarsa Jepang d. prakarsa Kaisar Jepang
- usaha pejuang e. prakarsa panglima tentara Jepang
- prakarsa tokoh Indonesia
- Gerakan Tiga A (3A), perkumpulan ini dibentuk pada tanggal 29 Maret 1942. Sesuai dengan namanya, perkumpulan ini memiliki tiga semboyan, yaitu…..
- Nippon Cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia, dan Nippon Pemimpin Asia
- Jepang Cahaya, Jepang Pelindung, dan Pemimpin Asia
- Nippon Sinar Asia, Nippon Pelindung Asia, dan Nippon Pemimpin Asia
- Nippon Cahaya Asia, Nippon Pemelihara Asia, dan Nippon Pemimpin Asia
- Nippon Cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia, dan Nippon Kaisar Asia
- Sebagai pimpinan Gerakan Tiga A, bagian propaganda Jepang (Sedenbu) telah menunjuk bekas tokoh Parindra Jawa Barat yakni ….. sebagai ketua.
- Moh. Saleh d. Mr.Syamsuddin
- K.Sutan Pamuncak e. Soekarno
- Syamsudin
- Semua
gerak dikontrol oleh pemerintah Jepang. Selama itu pula, Jepang
menerapkan kebijakan ekonomi berdasarkan azas ekonomi perang, yaitu
menerapkan berbagai peraturan, pembatasan, dan penguasaan
produksi oleh negara untuk kemenangan perang.
- Dampak pendudukan Jepang di Indonesia menjadikan rakyat
semakin sengsara, serta kehidupan yang semakin sulit. - Belanda semakin menunjukan kekuasaannya di Indonesia
- Penjajahan semakin menunjukan ada kekejaman didalamnya
- Berdampak semakin menumbuhkan semangat berjuang
- Berdampak semakin membuat rakyat sejahtera
- Mobilisasi massa menimbulkan kesengsaraan dan penderitaan, bahkan korban jiwa, yaitu romusa yang kemudian oleh pemerintah Jepang disebut sebagai (bagian propaganda, ungkapan manis dari Jepang).
- Prajurit pekerja D. Prajurit pejuang
- Pahlawan bangsa E. Pahlawan pekerja
- Pahlawan ekonomi
- Jepang berusaha agar perkumpulan ini menjadi wadah propaganda yang efektif. Oleh karena itu, di berbagai daerah dibentuk komite-komite. Sejak bulan Mei 1942, perhimpunan itu mulai diperkenalkan kepada masyarakat melalui media massa. Di dalam Gerakan Tiga A juga dibentuk subseksi Islam yang disebut “Persiapan Persatuan Umat Islam”. Subseksi Islam dipimpin oleh Abikusno Cokrosuyoso. Tetapi gerakan ini dinyatakan gagal dan dibubarkan oleh Jepang, yaitu pada…..
- Desember 1942 d. September 1941
- Juli 1942 e. Desember 1943
- Agustus 1942
- Bulan Desember 1942 dibentuk panitia persiapan untuk membentuk sebuah organisasi massa. Kemudian gerakan itu diberi nama Pusat Tenaga Rakyat (Putera) dibentuk tanggal 16 April 1943. Mereka/para tokoh nasionalis yang kemudian disebut sebagai empat serangkai, sebagai pembentuk gerakan tersebut, siapa sajakah tokoh empat serangkai yang dimaksud?
- Sukarno, Hatta, K.H. Akhmad Dahlan, dan Ki Hajar Dewantara
- Sukarno, Hatta, K.H. Mas Mansur, dan Ki Hajar Dewantara
- Sukarno, Syahrir, K.H. Mas Mansur, dan Ki Hajar Dewantara
- Sukarno, Hatta, K.H. Mas Mansur, dan Dr. Cipto
- Sukarno, Hatta, K.H. Mas Mansur, Sutan Syahrir dan Ki Hajar Dewantara
- Pada masa pendudukan Jepang, pembentukan organisasi massadilakukan atas mobilisasi pemerintah militer Jepang. Meskipun demikian pergerakan terus dilakukan oleh kaum nasionalis baik secara terang-terangan maupun………………
- gerakan terkoordinasi D. gerakan separatis
- gerakan bawah tanah E. gerakan individual
- terbuka
- Program militer pertama Jepang adalah Heiho, yaitu perekrutan serdadu pembantu lapangan, yang melibatkan pemuda-pemuda Indonesia dalam kegiatan militer. Keikutsertaan dalam pendidikan militer itu yang kemudian menjadi bekal pemuda-pemuda Indonesia dalam perang revolusi kemerdekaan. Ini adalah salah satu dampak……..
- Semakin memperburuk kondisi bangsa D. tidak baik dari penjajahan
- Negatif dari penjajahan E. merusak moral bangsa
- Positif dari masa kekuasaan Jepang
- Dasar negara dibentuk melalui Badan Penyidik Usaha-Usaha Kemerdekaan Indonesia dan disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. PPKI dibentuk setelah BPUPKI dibubarkan, yaitu pada tanggal….
- 10 Agustus 1945 D. 7 Agustus 1945
- 9 Agustus 1945 E. 6 Agustus 1945
- 8 Agustus 1945
- Kami yang kini terbaring antara Kerawang-Bekasi
tidak bisa berteriak “Merdeka” dan angkat senjata lagi
Tapi siapakah yang tidak lagi mendengar deru kami,
Terbayang kami maju dan berdegap hati?
..............
Kami mati muda. Yang tinggal tulang diliputi debu.
Kenang, kenanglah kami.
Kami sudah coba apa yang kami bisa
Tapi kerja belum selesai, belum apa-apa…………
A. karangan W.S Rendra D. karangan Sapardi Djoko Damono
B. karangan Charil Anwar E. karangan penyair tidak dikenal
C. Karangan W.S Supratman
- Putera pun berkembang dan bertambah kuat. Sekalipun di tingkat daerah tidak berkembang baik, namun Putera telah berhasil mempersiapkan rakyat secara mental bagi kemerdekaan Indonesia. Tetapi pada tahun 1944 Putera dinyatakan bubar oleh Jepang, mengapa ?
- Karena Putera telah dimanfaatkan oleh pemimpin-pemimpin Jepang untuk mempersiapkan
ke arah kemerdekaan, tidak digunakan sebagai usaha menggerakkan massa
untuk membantu Jepang. - Karena Putera telah dimanfaatkan oleh pemimpin-pemimpin nasionalis untuk mempersiapkan
ke arah membantu Jepang, digunakan sebagai usaha menggerakkan massa
untuk memperkuat Jepang. - Karena Putera telah dimanfaatkan oleh pemimpin-pemimpin nasionalis untuk mempersiapkan
ke arah kejayaan, dan digunakan sebagai usaha menggerakkan massa
untuk membantu Jepang. - Karena Putera telah dimanfaatkan oleh pemimpin-pemimpin nasionalis untuk menumpuk kekayaan, tidak digunakan sebagai usaha menggerakkan massa untuk membantu Jepang.
- Karena Putera telah dimanfaatkan oleh pemimpin-pemimpin nasionalis untuk mempersiapkan
ke arah kemerdekaan, tidak digunakan sebagai usaha menggerakkan massa
untuk membantu Jepang.
- Dalam Sajak diatas adalah berjudul……………..
- Kami Mati Muda D. Antara Kerawang Bekasi
- Kenanglah, kami E. Semangat perjuangan
- Kerawang-Bekasi
- Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan
tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, 17-8-‘05
Wakil-2 bangsa Indonesia
- Bunyi teks kemerdekaan bangsa Indonesia D. teks Proklamasi
- Bunyi teks Piagam Jakarta E. teks konsep proklamasi
- Bunyi teks Panca Dharma
- Naskah Proklamasi yang sudah diketik oleh Sayuti Melik:
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen ‘05
Atas nama bangsa Indonesia
Sukarno-Hatta
(tandatangan Sukarno)
(tandatangan Hatta)
- Isi teks Proklamasi yang otentik D. teks Proklamasi
- Bunyi teks Piagam Jakarta E. konsep Proklamasi
- Bunyi teks Panca Dharma
- Proklamasi merupakan perjuangan bersama rakyat Indonesia. Banyak tokoh berperan dalam proses perjuangan tersebut. Bahkan bukan hanya bangsa Indonesia, tetapi sebagian bangsa lain juga bersimpati untuk perjuangan bangsa Indonesia. Sebutkan tanggal dan tahun kemerdekaan bangsa kita…..
- 15 Agustus 1945 D. 30 Agustus 1945
- 18 Agustus 1945 E. 17 Agustus 1945
- 27 Agustus 1945
- Berbeda dengan pemerintah Hindia Belanda yang cenderung anti terhadap umat Islam, Jepang lebih ingin bersahabat dengan umat Islam di Indonesia. Jepang sangat memerlukan kekuatan umat Islam untuk membantu melawan Sekutu. Salah satu organisasi Islam yang dirangkul oleh Jepang adalah……
- MIAI d. NU
- MUI e. HMI
- MUII
- Arah perkembangan MIAI ini mulai dipahami oleh Jepang. Hal tersebut tidak sesuai dengan harapan Jepang sehingga pada November 1943 MIAI dibubarkan. Alasan pembubaran MIAI….
- MIAI tidak memberi konstribusi terhadap Jepang.
- Hanya memberikan keuntungan pribadi
- Tidak ada manfaat bagi rakyat Indonesia
- Beberapa tokoh nasionalis membelot ke pihak sekutu
- Menjadi lahan mengumpulkan keuntungan kelompok
- Apakah yang dimaksud sikap seikerei ?
- Sikap menghormati Tenno Heika dengan membungkukkan badan sampai 180 derajat ke arah Tokyo.
- Sikap menghormati Tenno Heika dengan membungkukkan badan sampai 30 derajat ke arah Tokyo.
- Sikap menghormati Tenno Heika dengan membungkukkan badan sampai 90 derajat ke arah Tokyo.
- Sikap menghormati dengan membungkukkan badan sampai 90 derajat ke arah matahari.
- Sikap menghormati Tenno dengan membungkukkan badan sampai 90 derajat ke arah timur.
- Apakah yang dimaksud dengan Jawa Hokokai ?
- Himpunan Kebaktian Jawa, Kebaktian yang dimaksud memuat tiga hal: (1) mengorbankan diri, (2) mempertebal persaudaraan, dan (3) melaksanakan suatu tindakan.
- Himpunan Kebaktian Jawa, Kebaktian yang dimaksud memuat tiga hal: (1) mengorbankan diri, (2) kerja bakti, dan (3) melaksanakan suatu tindakan dengan bukti.
- Himpunan Kebaktian Jawa, Kebaktian yang dimaksud memuat tiga hal: (1) mengorbankan diri, (2) persatuan, dan (3) melaksanakan suatu tindakan dengan bukti.
- Himpunan Persatuan Jawa, Kebaktian yang dimaksud memuat tiga hal: (1) mengorbankan diri, (2) mempertebal persaudaraan, dan (3) melaksanakan suatu tindakan dengan bukti.
- Himpunan Kebaktian Jawa, Kebaktian yang dimaksud memuat tiga hal: (1) mengorbankan diri, (2) mempertebal persaudaraan, dan (3) melaksanakan suatu tindakan dengan bukti.
- Susunan dan kepemimpinan organisasi Jawa Hokokai berbeda dengan Putera, karena……
- Jawa Hokokai benar-benar organisasi resmi pemerintah
- Jawa Hokokai bentukan para pejuang
- Pimpinannya berasal dari tokoh daerah
- Didanai langsung oleh Jepang
- Bersifat kedaerahan
- Seinendan (Korps Pemuda) adalah organisasi para pemuda yang berusia 14-22 tahun. Pada awalnya, anggota Seinendan 3.500 orang pemuda dari seluruh Jawa. Tujuan dibentuknya Seinendan adalah…..
- Untuk mendidik dan melatih para wanita agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri.
- Untuk mendidik dan melatih para tokoh pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri.
- Untuk mendidik dan melatih para pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah airnya dengan bekerja sama dengan Jepang.
- Untuk mendidik dan melatih para pemuda dan pemudi agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri dan Jepang.
- Untuk mendidik dan melatih para pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri.
- Organisasi semimiliter yang anggotanya para pemuda yang berusia antara 25-35 tahun.
- Seinendan d. Fujinkai
- Keibodan e. Hokokai
- Heiho
- Perkumpulan yang beranggotakan wanita dan minimal berusia 15 tahun, bertugas di garis belakang untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat melalui kegiatan pendidikan dan kursus-kursus.
- Seinendan d. Fujinkai
- Keibodan e. Hokokai
- Heiho
- Organisasi sejenis juga dibentuk untuk usia murid SD yang disebut……….
- Seinendan d. Fujinkai
- Keibodan e. Seinentai
- Heiho
- Sedangkan untuk murid sekolah lanjutan disebut……..
- Seinendan d. Fujinkai
- Keibodan e. Seinentai
- Gakukotai
- Organisasi Seinendan dan Keibodan dibentuk di daerah-daerah seluruh Indonesia, meskipun namanya berbeda-beda. Misalnya di Kalimantan disebut…………….
- Bogodan d. Gakukotai
- Borneo Konan Kokokudan e. Chuo-Sangi-In
- Seinentai
- Heiho (Pasukan Pembantu) adalah prajurit Indonesia yang langsung ditempatkan di dalam organisasi militer Jepang, baik Angkatan Darat maupun Angkatan Laut. Tujuan pembentukan Heiho adalah….
- Membantu tentara Jepang. Kegiatannya antara lain, membangun kubu-kubu pertahanan, menjaga kamp tahanan, dan membantu perang tentara Jepang di medan perang.
- Membantu tentara Jepang, dalam bidang kesehatan, perawatan dan pertolongan pertama pada korban-korban perang.
- Membantu tentara Jepang dalam bidang logistik makanan
- Membantu tentara Jepang dalam urusan perlengkapan perang dan logistik prajurit
- Membantu tentara Jepang seperti membangun dapur-dapur umum, perawatan, pengobatan.
- Sebagian penderitaan rakyat yang menjadi sebab bagian dari timbulnya perlawanan terhadap penjajah Jepang.
- pengerahan romusa d. Rakyat harus menghormati budaya Jepang
- propaganda Jepang e. Pengerahan tokoh nasional dalam organisasi
- Pelajar wajib menjalankan semangat Jepang
- Peranan para tokoh dalam proklamasi kemerdekaan berbeda-beda. Mereka berperan sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang harus dilakukan. Siapakah tokoh yang mengetik naskah Proklamasi?
- Soekarno d. Sayuti Melik
- Moh. Hatta e. Syahrir
- Sukarni
- Rakyat Indonesia di berbagai daerah mendukung proklamasi kemerdekaan Indonesia dibuktikan dengan reaksi mereka yang sangat heroik. Keberanian dan kerelaan berkorban ditunjukkan rakyat di berbagai daerah dalam rangka mengambil alih kekuasaan Jepang. Seperti peristiwa heroik di Balikpapan, yaitu……..
- Pada 15 November 1945 sekitar 9000-an pemuda berkumpul mengibarkan merah putih
- Pada 14 November 1946 sekitar 5000-an pemuda mengibarkan merah putih
- Pada 17 November 1945 sekitar 8000-an pemuda mengibarkan merah putih
- Pada 14 November 1945 sekitar 8000-an pemuda berkumpul di depan markas tentara sekutu dengan membawa bendera merah putih
- Pada 14 November 1945 sekitar 8000-an pemuda berkumpul dengan membawa bendera merah putih
- 1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
2. Kemanusian yang adil dan beradab.
3. Persatuan Indonesia.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/
perwakilan.
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Teks diatas adalah isi dari…………
- Proklamasi d. Pancasila
- Piagam Jakarta e. Panca Satya
- Pembukaan UUD 1945
- Proklamasi 17 Agustus 1945 merupakan perjuangan bersama rakyat Indonesia. Banyak tokoh yang berperan dalam proses perjuangan tersebut. Siapakah wartawan yang memungut kertas teks konsep awal Proklamasi yang sempat dibuang Sayuti Melik ?
- Sukarni d. Syahrudin
- BM Diah e. F.Wuz
- Suwiryo
- Peranan para tokoh dalam proklamasi kemerdekaan berbeda-beda. Mereka berperan sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang dimiliki. Siapa sajakah pengibar bendera Merah Putih setelah teks Proklamasi dibacakan ?
- Suwiryo dan dr. Muwardi d. Muwardi dan Frans Sumarto Mendur
- Latief H. dan S.Suhud e. BM Diah dan Latief Hendraningrat
- Sayuti Melik dan Sukarni
- Usaha mempertahankan kemerdekaan terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Umumnya mereka berhadapan dengan kolonialisme baru yang dipastikan dapat menyengsarakan rakyat Indonesia. Hal ini terjadi karena Sekutu dan Belanda menganggap Indonesia dalam masa vacuum of power atau……….
- Kekosongan pemerintahan d. Kekosongan negara
- Tidak ada kekuatan e. Hampa dari pemerintahan
- Kelemahan pemerintahan
- Rakyat di berbagai daerah tidak memiliki ketakutan sedikitpun untuk melawan kezaliman kolonialisme. Mereka berani bertempur dengan korban yang sangat besar. Seperti pertempuran di Surabaya yang menyebabkan ribuan rakyat gugur, karena itulah bangsa Indonesia menetapkan setiap tanggal………………..sebagai Hari Pahlawan.
- 10 Oktober d. 10 November
- 10 Juni e. 12 November
- 11 November
- Belanda tidak rela begitu saja melepaskan Indonesia sebagai negara merdeka.Berbagai upaya dilakukan Belanda untuk kembali menguasai Indonesia. Seperti tindakan dibawah ini………
- Mensponsori pembentukan pemerintahan boneka
- Memberikan bantuan untuk korban perang
- Mengusulkan perjanjian Linggarjati
- Mengakui kedaulatan Negara Indonesia
- Melakukan genjatan senjata
- Untuk memecahkan masalah hubungan Indonesia Belanda, bangsa Indonesia menggunakan dua cara yakni
- diplomasi dan konfrontasi d. gerilya dan intelijen
- defentif dan konfrontasi e. spionase dan agen ganda
- perang dan konfrontasi
- Kesabaran dan kegigihan bangsa Indonesia akhirnya memperoleh hasil dengan diakuinya kemerdekaan Indonesia oleh Belanda. Penyerahan dan pengakuan kedaulatan tersebut dilakukan di negara………….
- Indonesia d. Swiss
- Inggris e. Amerika
- Belanda
- Penyerahan dan pengakuan kedaulatan tersebut terjadi pada……….
- 10 Maret 1949 d. 27 Desember 1949
- 27 Juni 1949 e. 17 Agustus 1945
- 14 Agustus 1949
- NKRI adalah fitrah bangsa Indonesia. Marilah kita pertahankan sampai titik darah yang penghabisan. Sebagai siswa apa yang anda perbuat untuk mengisi kemerdekaan ini?
- Biasa saja, jalani hidup dengan sesukanya d. patuh pada guru
- Belajar giat dan selalu berpikiran positif e. bekerja keras
- Rajin menabung dan tidak sombong
- Arti dari istilah liberte adalah…………
- persamaan d. kejujuran
- kebebasan e. kekuatan
- persaudaraan
- Sedangkan arti dari egalite dan fraternite:
- persamaan dan persaudaraan. d. kebebasan dan kejujuran
- Kebebasan dan persamaan e. kekuasaan dan kejayaan
- Persamaan dan kekuatan
- Paham tentang penguasaan oleh suatu negara atas daerah atau bangsa lain dengan maksud untuk memperluas negara itu.
- Liberte d. Kolonialisme
- Egalite e. Staten Generaal
- Fraternite
- Sistem sosial politik yang memberikan kekuasaan besar kepada bangsawan.
- Feodalisme d. Rasionlisme
- Kolonialisme e. Moderat
- Liberalisme
- Tokoh yang menjahit bendera pusaka Merah Putih.
- Sukarni d. Ibu Fatmawati
- Bung Latief e. Ibu Megawati
- Bung Suhud
- Tokoh yang menyiapkan tiang bendera sekaligus sebagai pengibar bendera Merah Putih
- Bung Suhud d. Ahmad Subarjo
- Sukarni e. Suwiryo
- BM Diah
- Kondisi awal Indonesia merdeka adalah belum begitu mapan, ketegangan, kekacauan dan berbagai insiden masih terus terjadi. Seperti kedatangan …………….yang membonceng Sekutu dengan tujuan ingin menguasai kembali Indonesia.
- Jepang d. Inggris
- PKI e. Portugis
- NICA
75.
Setelah Proklamasi dikumandangkan, kelengkapan-kelengkapan negara
harus segera dipenuhi oleh Indonesia, yang baru saja merdeka. Salah satu
hal terpenting yang harus dipenuhi adalah….
a. peraturan-peraturan negara d. Undang-Undang Hukum
b. peraturan-peraturan hukum e. Undang-Undang Negara
c. Undang-Undang Dasar
76. Sila pertama dasar negara yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 yang berbunyi “Ketuhanan dengan
kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya”, diubah menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Atas prakarsa?
kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya”, diubah menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Atas prakarsa?
a. Ir. Soekarno d. Wahid Hasyim
b. Moh. Hatta e. Tengku Moh. Hasan
c. Ki Bagoes Hadikusumo
77. Untuk pertama kalinya presiden dan wakil presiden dipilih oleh………….. dalam sidang tanggal 18.
A. PKI D. DPR RIS
B. BPUPKI E. PPUPKI
C. PPKI
78. Pada bulan dan tahun berapa sidang diatas dilaksanakan ?
a. Agustus 1945 d. Oktober 1945
b. Juli 1945 e. Desember 1945
c. November 1945
79.
Sukarno atau Bung Karno, lahir di Surabaya tanggal……….. . Sudah aktif
dalam berbagai pergerakan sejak menjadi mahasiswa di Bandung.
A. 6 Juni 1901 D. 6 Juni 1911.
B. 6 Juli 1901. E. 5 Juni 1902.
C. 7 Juni 1911.
80.
Tokoh lain yang sangat penting dalam berbagai peristiwa sekitar
proklamasi adalah seorang yang dilahirkan di Bukittinggi tanggal 12
Agustus 1902. Sejak menjadi mahasiswa di luar negeri, ia sudah aktif
dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia menjadi salah seorang
pemimpin dan ketua Perhimpunan Indonesia di negeri Belanda. Setelah di
tanah air, ia aktif di PNI. Tokoh siapakah yang dimaksud ?
A. Sutan Syahrir D. Ir. Soekarno
B. Drs. Moh.Hatta E. Ahmad Subarjo
C. Latif Hendraningrat
81.
Kondisi perekonomian semakin parah karena adanya blokade yang dilakukan
Belanda (NICA). Belanda juga terus memberi tekanan dan teror terhadap
pemerintah Indonesia. Inilah yang menyebabkan Jakarta semakin kacau,
sehingga pada tanggal 4 Januari 1946 Ibu Kota RI pindah.
Pada 1 Oktober 1946, Indonesia mengeluarkan uang RI yang disebut ORI, uang NICA dinyatakan sebagai alat tukar yang tidak sah.
A. ke Semarang D. ke Bandung
B. ke Yogyakarta E. ke Magelang
C. ke Banten
82. Pada
tanggal 15 Agustus 1950 diadakan rapat gabungan parlemen (DPR) dan
Senat RIS. Dalam rapat gabungan ini Presiden Sukarno membacakan Piagam
Persetujuan terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia. Pada hari
itu, Presiden Sukarno terus ke Yogyakarta untuk menerima kembali jabatan
Presiden Negara Kesatuan dari pejabat Presiden RI, Mr. Asaat.
Dengan
demikian berakhirlah riwayat hidup negara RIS, dan secara resmi tanggal
……………. terbentuklah kembali Negara Kesatuan RI. Soekarno kembali
sebagai Presiden dan Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden RI.
- 29 Agustus 1950 D. 17 Agustus 1945
- 15 Agustus 1950 E. 17 Agustus 1950
- 27 Agustus 1950
- Sekolah pada masa Jepang di Indonesia bukan dijadikan sebagai wadah mencerdaskan rakyat, tetapi dibuat dalam rangka…………
- Indoktrinasi kejepangan d. Pemetaan kekuatan Jepang
- Pemberantasan buta huruf e. Pemetaan kualitas pendidikan
- Melestarikan budaya Jepang
- Pada awalnya, pengerahan romusa disikapi dengan suka rela oleh rakyat, mengapa ?
- Sebab, rakyat sangat tertarik dengan propaganda tentara Jepang sehingga rakyat rela membantu untuk bekerja apa saja tanpa digaji.
- Sebab, rakyat sangat tertarik dengan propaganda tentara Jepang dengan upah kerja yang mewah.
- Sebab, Jepang memberikan promosi jabatan di bidang militer bagi pekerja yang berprestasi.
- Sebab, rakyat sangat tertarik dengan upah dan tunjangan yang diberikan Jepang.
- Sebab, banyak rakyat yang menganggur sehingga sangat tertarik dengan tawaran kerja sebagai romusa.
- Daerah di Kalimantan Timur yang pertama kali diduduki Jepang adalah………..
- Balikpapan d. Samarinda
- Tarakan e. Sanga-Sanga
- Grogot
- Perebutan kota Balikpapan lebih banyak meminta korban terutama di pihak Belanda karena……
- Kota Balikpapan sebagai tempat pengilangan minyak terbesar kedua setelah Palembang (Plaju).
- Balikpapan sebagai kota minyak
- Balikpapan banyak terdapat kantor-kantor pusat pemerintahan Belanda
- Tentara Belanda banyak dikerahkan di Balikpapan
- Balikpapan sebagai kota yang strategis
- Kota Samarinda dimasuki dan diduduki Jepang tanpa perlawanan, mengapa ?
- Para pejuang banyak yang masuk bergerilya di hutan
- Belanda sudah menderita kekalahan telak di Balikpapan
- Samarinda sudah dialih statuskan sebagai kota terbuka, guna terpelihara dari serangan udara Jepang.
- Pasukan Belanda sudah mengungsi ke luar kota
- Samarinda sudah menjadi kota tidak bertuan
- Berawal dari janji manis Jepang kemudian berujung perlawanan rakyat Indonesia. Jepang seringkali bertindak sewenang-wenang. Rakyat tidak bersalah ditangkap, ditahan, dan disiksa. Sebutkan satuan militer Jepang yang berperan utama dalam melakukan kekejaman tersebut.
- Kempetai d. Heiho
- Kaigun e. PETA
- Junggun Ianfu
- Salah satu tokoh yang melakukan perlawanan terhadap pemerintahan Jepang melalui gerakan bawah tanah.
- Soekarno d. Sutan Syahrir
- Moh. Hatta e. Ki Hajar Dewantara
- Mr. Syamsuddin
- Sebelum perang dunia II pecah, negara-negara fasis mulai menguasai wilayah-wilayah disekitarnya, pada masa itu negara mana saja yang menganut fasism ?
- Inggris, Belanda dan Jepang d. Inggris, China dan Jepang
- Jerman, Polandia dan Italia e. Amerika, Belanda dan Jepang
- Jerman, Jepang dan Italia
- Selama masa pendudukan Jepang di Indonesia, diterapkan konsep “………………..”. Artinya, semua kekuatan ekonomi di Indonesia digali untuk menopang kegiatan perang Jepang dalam rangka pemenangan Jepang.
- Ekonomi perang d. Jepang Pemersatu Asia
- Asia Timur Raya e. Jepang saudara tua
- Jepang Cahaya Asia
- Setelah berhasil menguasai Indonesia, dalam bidang ekonomi Jepang mengambil kebijakan yang sering disebut self help yang artinya….
- Indonesia dijadikan sapi perah
- Menolong diri sendiri
- Indonesia menjadi salah satu benteng pertahanan Jepang
- Mengumpulkan keuntungan secara pribadi
- Mengumpulkan kekayaan alam Indonesia
- Tanaman jarak pada masa pendudukan Jepang menjadi tanaman yang sangat dibutuhkan, karena dapat digunakan sebagai……
- Tanaman obat malaria
- Dapat diolah sebagai minyak pelumas mesin pesawat terbang.
- Bahan makanan
- Dapat diolah sebagai bahan campur peledak dan kosmetik
- Dapat diolah sebagai bahan pakaian tentara Jepang
- Sejak 1943, sebagai propaganda Jepang memberikan julukan “Prajurit Ekonomi”. Untuk menutupi kekejamannya. Kepada siapa julukan ini diberikan ?
- Tentara PETA d. Junggun Ianfu
- Pemuda HEIHO e. Kaigun
- Romusa
- Organisasi bersifat militer diantaranya adalah….
- PUTERA d. Peta
- Gerakan Tiga A e. Keibodan
- Seinendan
- Gerakan Tiga A adalah organisasi bentukan Jepang yang bersifat……….
- semi militer d. sosial kemasyarakatan
- militer e. pendidikan
- kemasyarakatan
- Pada Seinendan, untuk memperbanyak jumlahnya, Jepang menggerakan/membentuk Seinendan bagian putri yang disebut………..
- Kaigun d. Joysi Seinendan
- Senentai e. Keibodan
- Josyi Seinendan
- Pembentukan Tentara Pembela Tanah Air (Peta) adalah perintah dari Panglima tentara Jepang Letnan Jenderal Kumaikici Harada. Sehingga pada 3 Oktober 1943 secara resmi berdirilah Peta. Tujuan dibentuknya Peta adalah….
- Untuk mempertahankan tanah air
- Agar ada pasukan yang secara konkret mempertahankan Indonesia. Oleh karena itu, Jepang membentuk pasukan untuk mempertahankan tanah air Indonesia yang disebut Peta.
- Agar ada pasukan yang secara konkret mempertahankan Indonesia. Oleh karena itu, Jepang membentuk pasukan untuk mempertahankan tanah air Indonesia.
- Agar ada pasukan yang secara konkret mempertahankan Indonesia.
- Sebagai pasukan cadangan selain Heiho
- Munculnya agama Budha di India dilatarbelakangi oleh……..
- Terjadinya perbedaan pemahaman ajaran Hindu di kalangan kaum Brahmana
- Perlakuan yang tidak manusiawi golongan kesatria terhadap golongan waisya
- Pudarnya kepercayaan masyarakat terhadap para pemimpin agama Hindu
- Terlalu beratnya ritual keagamaan yang terdapat dalam agama Hindu
- Terlalu dominannya golongan Brahmana atas ajaran dan ritual keagamaan.
- Berikut ini yang dimaksud dengan Swarloka adalah……..
- bagian atap candi d. bagian depan candi
- bagian tubuh candi e. bagian samping candi
- bagian kaki candi